Wednesday, March 12, 2014

Alif Satar Mendefinisikan Dirinya Dalam Album Ketiga

Musikalitas Yahud! Bagi saya ini adalah album Alif yang mencengangkan! Selain terkejut dengan hasil fisik dan mixing-nya saya juga menyukai aransemen atas lagu saya berjudul NONA JAKARTA, aransemen dengan aroma hip-jazzy yang masih sedikit orang bisa menggemarinya, tapi saya optimis lagu ini tetap bisa "bersinar" selayaknya karir Alif Satar di dunia entertainment.
ALBUM KETIGA! Pada album pertama Alif Satar, judul album: "Nakal" disenyawakan dengan hits lagu "Jangan Nakal" (lagu pertama saya yang dibawakan oleh Alif), album kedua berjudul "Lelaki Seperti Aku" diambil dari salah satu judul lagu dalam album bertajuk: "Lelaki Seperti Aku" (selain menulis lagunya saya juga bertindak sebagai produser). Dan, pada album ketiga, judul album tidak lagi diambil dari salah satu tema lagu dalam album, namun judul besar tersebut memiliki makna "keakuan" diri Alif yang ingin menunjukkan selera musiknya pada para penggemarnya dan para penikmat musik seantero Malaysia.
Mengambil kata: DEFINISI sebagai judul album ketiganya, dalam pandangan sekilas saya, album ini akan diwarnai "kegilaan" Alif Satar dalam menerjemahkan lirik dan lagu menjadi energi yang luar biasa daya tariknya. Dan benar saja, mulai dari cara Alif menghembuskan kata-kata dan memilih nada-nadanya dalam setiap lagu merupakan cerita  tentang kematangan bahwa dirinya sanggup berdiri tegak di tengah hiruk-pikuk panggung hiburan Malaysia pada khususnya. Dengan begitu banyaknya referensi dalam kepalanya hingga lahirnya album DEFINISI ini, nampaknya mimpi-mimpi Alif Satar satu-persatu mulai terwujud. Tiga lagu saya dalam album terbarunya, satu lagu yang saya produseri sendiri yakni lagu berjudul GADIS TIGA BULAN, rekaman di Bandung dan selama bekerja dengannya, saya menjadi produser yang harus berbangga hati karena Alif Satar seorang pekerja keras, dia mampu menaklukkan udara Bandung yang dingin waktu itu, rekaman 2 session untuk versi utama dan versi akustik dari lagu "Gadis Tiga Bulan", dan dia orang yang tidak mudah menyerah! Dia (Alif) penyanyi yang sanggup menahan diri dan tahu benar bagaimana sebuah lirik dan lagu itu seharusnya dipersembahkan.
GADIS TIGA BULAN. Ini lagu yang lirik dan aransemen musiknya teramat sederhana, bahkan bagi saya pribadi lagu ini terlalu sederhana untuk album ketiga Alif Satar. Melodinya khas Melayu, liriknya simple. Tapi setelah mendengar seluruh materi albumnya saya bisa percaya diri, karena meskipun tampil dengan sederhana namun gaya aransemen dan materi sound dalam lagu ini termasuk dalam ranah modern.
NONA JAKARTA. ini lirik dan lagu yang saya sukai!! (nampak betul saya mulai narcism! Hehe ...). Waktu memperdengarkan lagu ini pada Sony Music, saya pesimistis lagu ini akan ada yang mau ambil, tapi rupanya peruntungan berkata lain, lagu ini justru menjadi lagu yang kaya musikalitasnya meski ada sedikit bagian yang menurut saya terlalu "heboh", tapi over-all lagu ini menarik dan lagu ini yang saya putar setiap hari!! Secara khusus, saya sangat suka aransemen permainan bass dalam lagu ini.
SETIAP HARI. Sebenarnya saya mengandalkan lagu ini. Namun saya rasa ada sedikit kekurangan dalam aransemennya, tapi entahlah, OK saja tampil begitu. Sebab lagu itu memang seperti lagu yang belum selesai, menggantung. Pasti lagu ini menyulitkan arranger-nya, hehe .... Anyway, alhasil sewaktu saya perdengarkan lagu itu pada banyak orang, mereka suka! Well done!
Itu saja kali ini dari saya. Dalam album ini saya pribadi menyukai lagu AKHIRI PENANTIANKU, KERNA DIA dan APA KURANGNYA AKU?. Semoga album ini sukses seperti album-album sebelumnya. Semoga pesan dalam album melalui setiap lagunya sanggup menjadi soundtrack hidup bagi banyak orang di Malaysia, Singapura dan Brunei pada umumnya. Indonesia? Aduuh, sebenarnya sayalah yang masih bermimpi bisa punya album sendiri di Indonesia, tidak masalah bila harus launching dulu di Malaysia. Saya sudah merancangnya, memproduksi beberapa lagu dan membuat kompilasi solo dan duet atas lagu-lagu saya sendiri. Semoga saya bisa mewujudkan cita-cita saya seperti Alif Satar yang sudah punya tiga album. Jayalah selalu Alif Satar, kerja keras tak akan mengkhianatimu, terus berkarya hingga melegenda!!

No comments:

Post a Comment